Beranda Infomania Cara Membuat Website di WordPress

Cara Membuat Website di WordPress

Sebagai sistem manajemen konten yang paling banyak digunakan, WordPress memungkinkan siapa pun untuk membuat website sendiri. Sebagian orang memanfaatkan WordPress sebagai blogging platform, sedang sebagian lainnya mengubahnya menjadi situs e-commerce bahkan web ulasan dengan menggunakan beragam pilihan fitur dan plugin.

Berikut alasan mengapa WordPress menjadi pilihan terbaik untuk mengonlinekan website:

  1. Anda tidak perlu paham soal bahasa pemrograman. Hal terbaik dari adanya WordPress adalah kemudahan bagi siapa pun, bahkan para pemula, untuk membuat website tanpa perlu menguasai coding atau bahasa pemrograman. Namun, jika Anda sudah punya skill coding dan ingin menjalankan environment sendiri, WordPress bisa mewujudkannya.
  2. Salah satu CMS dengan harga terjangkau. WordPress memiliki library plugin dan tema, baik yang berbayar maupun tidak, yang bisa Anda install dan aktifkan untuk mewujudkan website menarik dan responsif. Bahkan Anda bisa membuat website gratis dengan WordPress!
  3. Tersedia artikel, panduan, dan komunitas yang besar. Banyaknya user dan website yang menggunakan WordPress menjadi salah satu alasan mengapa ada banyak panduan, tips, dan artikel yang mengulas platform ini. Dengan demikian, akan mudah bagi Anda untuk mendapatkan solusi bilamana mengalami kendala atau error.

Cara Install

Anda bisa menginstall WordPress dengan mudah. Cari versi terbaru dari script ini di hPanel dengan mengklik opsi Website, lalu Instalasi Otomatis (Auto Installer).

Install CMS WordPress

 

Lengkapi informasi  yang dibutuhkan.

Informasi Install WordPress

Selama proses install berlangsung, perhatikan yang harus Anda lakukan untuk membuat administrative user dan menambahkan informasi terkait pengaturan dasar.

Admin Area

Setelah WordPress berhasil diinstall, ketik domainanda.com/wp-admin untuk mengakses dashboard.

Halaman login admin wordpress

Saat berada di halaman login, masukkan informasi yang telah dibuat ketika proses install dijalankan.

Tampilan dashboard utama WordPress

Di panel back-end, Anda bisa mengelola apa pun terkait website, konten, dan user WordPress.

Tema dan Desain

Beragamnya jenis tema yang ada, merupakan salah satu kelebihan WordPress. Apa pun desain yang ingin diterapkan, Anda pasti akan menemukannya di CMS ini.

Ada lebih dari 7000 tema tersedia di repositori resmi. Untuk mengaksesnya, klik Appearance > Themes.

Halaman appearance tema WordPress

Untuk melihat mode pratinjau dan install tema dari repositori tema WP, pilih opsi Add New.

Jika ingin mengedit tema, klik Appearance > Customize.

Kustomisasi tema WordPress

7000 tema bukanlah jumlah yang sedikit. Memilih yang terbaik di antara sekian pilihan tema yang ada tentu menjadi tantangan tersendiri.

Konten dan Halaman

Di WordPress, Anda bisa meng-unggah dan membuat tiga tipe konten ini:

1. Halaman (Pages) – Di area ini, Anda bisa membuat halaman statis/permanen yang tidak perlu diubah setiap saat. Misalnya, “Tentang Kami”; “Hubungi Kami”; “Home”; dan sebagainya.

Kelola halaman WordPress

2.  Postingan (Posts) – Di area ini, Anda bisa membuat berbagai konten dinamis, misalnya artikel, blog post, dan guest publication.

Manajemen post WordPress3. Media – misalnya file gambar, video, dan audio. Setelah diunggah, Anda bisa langsung melampirkan file ini ke postingan dan halaman.

Upload media baru ke WordPress

Plugin dan Ekstensi

Keunggulan WordPress lainnya adalah banyaknya koleksi plugin yang bisa diinstall untuk menghadirkan berbagai fitur dan fungsi baru. Pilih opsi Plugins, kemudian klik Add New dan install plugin yang dibutuhkan. Plugin yang telah terinstall tersimpan di area Installed Plugins.

Plugin WordPress di dashboard